Inspirasi itu Perlu, Sobat

Saat memotret sudah tak lagi berkutat pada hal-hal teknis, semisal modus auto versus manual atau kamera hape versus kamera DSLR yang sejatinya tidak bermanfaat dalam ranah menghasilkan gambar yang baik, maka sudah waktunya untuk memikirkan “pesan” yang akan disampaikan lewat gambar atau hasil dari karya foto itu sendiri. Kemampuan “menyampaikan pesan lewat gambar” sesungguhnya merupakan keterampilan tersendiri, terpisah dari keterampilan teknis fotografi. Ia ada dalam ranah ide dan dibungkus dengan kreatifitas. Semuanya bergantung sepenuhnya pada sang pemotret.

Ada kalanya seorang pemotret pada suatu ketika “kehabisan ide” saat memotret. Manakala ini terjadi, hal yang perlu dilakukan adalah menemukan inspirasi baru dari ide-ide yang sudah ada. Ini tidak lantas bermakna menjiplak ide, namun mengolah kembali sesuai dengan kebutuhan pemotret. Ide boleh saja serupa, tapi karya tidak. Sah saja.

Inspirasi bisa berasal dari apa pun. Melihat karya yang sudah ada, baik karya foto maupun karya seni rupa lainnya, bisa menjadi sumber inspirasi. Berdiskusi, terlibat dalam komunitas fotografi setempat, bahkan googling pun dapat dilakukan untuk mendapatkan ide-ide baru dalam menciptakan gambar yang baik, yang sesuai dengan harapan.

Jika sedang merambah dunia maya, ada tiga situs favorit yang sering saya kunjungi untuk sekadar melihat-lihat atau menambah inspirasi sekaligus keterampilan memotret, yakni:

Belajar Fotografi merupakan sebuah blog fotografi berbahasa Indonesia. Situs ini sangat lengkap, menurut saya. Inspirasi ide dan teknik memotret serta olah digital disediakan oleh pengelolanya di sini. Saya belajar banyak hal soal memotret dari situs ini. Selain ide dan ilmu fotografi dasar, dalam situs ini juga terdapat tips dan trik yang sangat bermanfaat untuk menghasilkan karya foto yang baik.

Blog fotografi berbahasa Inggris ini banyak memuat karya fotografi yang luar biasa. Merupakan kumpulan tulisan dan karya foto dari banyak pemotret profesional dunia, PetaPixel menyediakan banyak inspirasi bagi saya. Kadang menimbulkan rasa iri dengan kreatifitas pelaku fotografi yang terpampang di situs itu. Tutorial teknik fotografi serta olah digital juga disediakan pengelolanya untuk pengunjung situs.

mmmlogonew8

My Modern Metropolis dalam keterangan situsnya menyebut dirinya sebagai tempat untuk “Beautiful photography, incredible art and clever design”. Situs ini punya banyak inspirasi ide untuk kita coba, kembangkan dan hasilkan dalam rupa karya yang baru, yang orisinil.

 

Ketiga situs ini sering saya jadikan referensi ide dan pencarian teknik fotografi. Saya memang masih harus banyak belajar memotret.

Bagaimana denganmu, Sobat? Apa situs favoritmu? Bagikan dalam kolom komentar, ya…

Salam,

Adhy Langgar

Leave a Reply