Kata Google, “Habede, Bro!”

Ini cukup mengejutkan. Bukan, bukan mengerikan; walau mungkin terasa sedikit menakutkan, tapi ini sesuatu yang sama sekali tidak terduga.

Saya punya kebiasaan ketika membuka laman peramban Google Chrome, yakni melihat doodle yang dibuat oleh Google.

Doodles are the fun, surprising, and sometimes spontaneous changes that are made to the Google logo to celebrate holidays, anniversaries, and the lives of famous artists, pioneers, and scientists.

Jadi, doodle yang dibuat oleh Google merupakan semacam pengingat atas sebuah peristiwa atau seorang tokoh di masa lalu yang cukup penting dan berdampak besar hingga saat ini. Kata kuncinya adalah PENTING.

Untuk melihat doodle Sobat tak perlu bersusah payah. Cukup buka laman Google.com dan lihat animasi empat buah balon warna-warni di pojok kanan atas logo Google. Seperti dalam gambar di bawah. Klik di situ.

Gambar dari Google.com

Biasanya, Google akan menampilkan doodle yang berbeda untuk setiap harinya, yang berisi tentang pribadi atau kejadian atau peristiwa yang berlangsung pada hari yang bersangkutan. Satu atau lebih doodle untuk setiap satu hari yang penting.

Hal yang membuat saya terkejut adalah ketika saya membuka doodle untuk hari Sabtu kemarin, sesuatu yang tidak pernah saya kira sama sekali terpampang di layar monitor laptop saya.

Cuplikan doodle untuk saya

Kaget, sedikit panik. “Kok bisa?”, begitu isi benak saya saat itu.

Rupanya Google memiliki policy untuk membuat doodle yang personal. Karena saya pemilik akun Google dan saat mendaftar saya memasukkan tanggal lahir, maka secara otomatis Google menyimpan keterangan tersebut dan menyiapkan doodle yang unik saat ulang tahun saya tiba.

Google Tips

Maka cengar-cengirlah saya siang itu di depan layar monitor. Saya baru saja disapa oleh mesin. Virtual pula. Saya terharu *halah* sekaligus gamang. Tentu mudah saja merespon ucapan selamat dari seseorang yang dikenal. Sebuah ucapan terima kasih akan terasa berjiwa jika ditujukan pada makhluk yang bernyawa. Namun kali ini terasa janggal.

Bagaimanapun juga, untuk siapapun kalian di Google yang membaca tulisan ini, saya berterima kasih sudah membuatkan doodle versi privat. Saya senang sekali, tanggal kelahiran saya dikategorikan penting untuk dibuatkan doodle khusus, walau hanya akan terlihat oleh saya sendiri.

Wahai Sobat yang budiman, pernah di-gituin juga oleh Google?

Salam,

Adhy Langgar

Leave a Reply