e-Resources, Gratis dari Perpusnas

e-Resources? Apa itu e-Resources?

Pada laman e-resources.pnri.go.id dijelaskan, bahwa untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal , e-book, dan karya-karya referensi online lainnya.

Perkembangan media digital berlangsung secara progresif dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia termasuk berperilaku belajar dan berkeputusan. Kenyataan ini disadari sebagai peluang oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat. Tentunya, penyediaan bahan pustaka berformat digital yang dimiliki Perpusnas tanpa mengabaikan akses memperoleh informasi ala konvensional yang telah berlangsung selama ini. Salah satu pasal dalam UU Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan menyebutkan bahwa koleksi Perpustakaan diseleksi, diolah, disimpan, dilayankan, dan dikembangkan sesuai dengan kepentingan pemustaka dengan memerhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Kepala Perpusnas Sri Sularsih menerangkan sebagai perpustakaan rujukan, Perpusnas telah memiliki koleksi sebanyak 10.000 lebih judul e-book dan melanggan 99.209 judul e-journal dari para penerbit terkenal di dunia. Seluruh koleksi ini bisa dimanfaatkan secara bebas dan gratis oleh pemustaka. Silakan kunjungi menu e-resources pada situs web Perpusnas, kata Sri Sularsih. 

Setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang dilanggan oleh Perpusnas melalui e-Resources.

Untuk menjadi anggota Perpusnas, silahkan Sobat lakukan pendaftaran secara online melalui keanggotaan.pnri.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Petunjuk dan panduan penggunaan e-resources bisa Sobat baca di sini , dan jika ada pertanyaan, atau saran, atau keluhan terkait layanan koleksi e-Resources ini silahkan Sobat sampaikan melalui alamat email layanan_eresources @ pnri.go.id, dengan menyebutkan nama dan nomor anggota, atau menghubungi Call Center Jasa Layanan Perpusnas di nomor 0800-1-737787.

Ada lebih dari sepuluh ribu buku dan hampir seratus ribu jurnal elektronik yang bisa diakses secara gratis! Cukup mendaftar secara daring (online, bahasa Inggris).

Jadilah anggota dan dapatkan akses ke bahan perpustakaan sumber elektronis dari Proquest, ALA Publishing, Gale – Cengage Learning, @My Library, Sage, Ulrichs – Periodicals Directory, EBSCO Host, Westlaw, ISEAS & IGI Global. Demikian ajakan yang saya baca di laman depan situs PNRI.

Terdorong rasa penasaran, saya coba mendaftar. Ternyata mudah saja. Singkat cerita, jadilah saya sebagai anggota Perpustakaan Nasional. Hanya dengan memiliki nomor anggota perpustakaan, saya pun berhak memiliki akses ke dalam fasilitas e-resource. Tidak sekadar akses mencari dan membaca buku dan/atau jurnal elektronis saja, pada buku/jurnal tertentu saya bahkan bisa mengunduhnya secara lengkap tanpa biaya apa pun!

Sobat mau? Silakan mendaftar dan selamat berburu bahan bacaan akademis berkualitas. Dijamin.

Salam,

Adhy Langgar

Leave a Reply