Skip to main content
ganti-username-dengan-phpmyadmin

Ganti Username dengan phpMyAdmin

Mengelola sebuah website, walau personal, butuh komitmen. Komitment untuk melakukan setidaknya dua hal, yaitu mengelola konten alias menulis dan mengelola software website itu sendiri.

Untuk poin pertama, saya masih lalai. Makin hari, jumlah tulisan dalam website ini bukannya bertambah, namun masih itu-itu saja. Jam kerja dan beban tugas yang bertambah memaksa saya untuk “lupa” menulis. Entah, saya masih kesulitan untuk membagi fokus, antara yang nyata dan yang maya. Mungkin butuh kursus untuk itu.

Sementara, saya tergolong rajin untuk poin kedua. Membersihkan komentar sampah, menghapus cache, melakukan ini-itu. Namun semua itu tidak saya lakukan secara manual, melainkan lewat jasa ManageWP. Dengan plugin dari ManageWP ini, segalanya jadi enak. Saking enaknya, saya jadi jarang login ke dashboard WP. Hingga suatu ketika, saya ingin mengganti tema.

Ujug-ujug, username yang saya gunakan tidak dikenali saat hendak login. Apalagi passwordnya. Segera saya reset password via email. Ketika inbox saya periksa, ada satu e-mail pemberitahuan dari wordpress tentang penggantian password untuk username yang tidak pernah saya buat seumur hidup saya. Sebut saja ‘babistmik’. Rupanya ada babi yang iseng-iseng coba masuk lewat belakang. Dasar, Babi!

Nyaris sebulan saya biarkan si babi itu jadi username saya. User role pun berganti, dari administrator jadi contributor. Alhasil, saya tak bisa berbuat apa-apa lewat dashboard. Pikiran saya buntu. Sempat terlintas untuk menginstal WP baru, namun teringat jumlah tulisan dan komentar yang ada, niat itu saya urungkan.

Selama nyaris sebulan pula saya gugling sana-sini, mencari tutorial memperbaiki wordpress yang dirusak oleh peretas. Banyak solusi yang ditawarkan, termasuk pindah hosting yang lebih aman. Sempat juga terlintas untuk memindahkan hosting website ini, namun teringat isi dompet, niat itu saya abaikan saja.

Dalam benak saya, ini hanya soal username. Mestinya sudah ada solusi di luar sana tentang hal ini, selain instal ulang WP atau ganti jasa hosting.

Dalam proses pencarian, saya menemukan sebuah artikel dari WPBeginner. Sesungguhnya artikel itu ditujukan sebagai tutorial untuk menambahkan user pada database, tapi saya ubah-sesuaikan dengan kebutuhan saya, yaitu mengubah username dan role yang diganti oleh si babi itu.

Baca Juga:  Yuk, Bikin Situs Web Sendiri!

Tahapan yang saya lakukan tidak sebanyak yang tercantum dalam tutorial itu, karena kebutuhan saya lebih sedikit dan sangat spesifik, yaitu:

  • Buka phpMyAdmin dari Cpanel. Lalu temukan dan buka database wordpress.

Berhubung saya menggunakan satu akun hosting untuk beberapa situs wordpress, ada beberapa tabel database. Jangan sampai salah buka tabel.

  • Lihat kolom wp_users dalam tabel

Saya temukan si babi dan satu user asing lain dalam kolom ini.

  • Ganti!

Segera saya ganti username dalam user_login dan hapus user yang satunya lagi.

Setelah ganti user_login, saya buka user_meta. Pada sisi wp_capabilities saya ubah value yang ada menjadi a:1:{s:13:"administrator";s:1:"1";}

Klik dan tunggu.

  • Harap-harap cemas.

Ini penting. Harus Sobat ketahui bahwa saya makhluk awam soal koding atau sejenisnya. Segala yang saya lakukan dalam mengembangkan wesite ini bermodalkan tutorial dan tips yang beredar di jagat maya. Baca, coba, semoga aman.

  • Aman?

Akan ada tulisan berwarna hijau jika perubahan query dalam tabel sudah berhasil.

  • Reset kata kunci

Selesai urusan di phpMyAdmin, saya pindah ke laman wordpress login. Sekali lagi saya reset password via email. Username yang baru sudah sesuai dengan perubahan, dengan pasword acak yang dibikin secara otomatis oleh WP. Sangat kuat.

  • Login WP

Masukkan username dan password seperti biasa. Sesaat setelah login, Dasboard yang sangat familiar terpampang nyata di depan mata. Di pojok kanan atas tertulis, “Howdy, Adhy Langgar!”

  • Selesai

Dah, Babi!

 

Salam,

Adhy Langgar

adhylanggar

Perkenalkan. Saya Aprianus Langgar, namun lebih nyaman disapa Adhy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*